Mini Rage Face Happy Smiley APA ITU LABEL BARCODE?

Ticker

6/recent/ticker-posts

APA ITU LABEL BARCODE?

 



Djogjalabel | Wangkal Priority - Label Barcode saat ini penting sekali dimiliki oleh pemilik usahah atau produsen serta pertokoan retail. Seiring berkembangnya zaman usaha kecil menengah pun dituntut memiliki barcode atau kode barang agar masuk di pasar swalayan atau retail.

Seringkali hal yang menjadi kendala para UKM adalah sudah terlanjur cetak kemasan dalam jumlah besar dan belum menyantumkan barcode di dalam kemasan tersebut, maka diperlukan sticker label barcode sebagai solusinya.

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam pembuatan barcode label adalah adanya printer barcode, kertas label barcode, ribbon jika menggunakan kertas thermal transfer.

JENIS LABEL BARCODE
 
Untuk jenis sticker barcode ada banyak macam, diantaranya ada label thermal, semicoat, yupo, silvermate. Pemilihan material untuk label barcode bisa disesuaikan dengan kegunaannya atau sesuai dengan kebutuhan anda. 

Label Barcode Thermal ( Direct Thermal )
   Label Thermal adalah label barcode yang dicetak dengan printer barcode direct thermal. Pada kertas label ini tidak perlu menggunakan ribbon barcode saat mencetaknya dan harga nya lebih mahal dibandingkan dengan label semicoated.

Label Barcode Semicoated
    Label Semicoated adalah label yang memiliki permukaan agak mengkilap, karena label barcode semicoated mempunyai lapisan (coat) pada lapisan sticker paling atas. Lapisan iniberfungsi untuk menutup pori-pori pada label agar pada saat mencetak barcode unsur carbon ribbon dapat tercetak dengan sempurna dan lebih tahan terhadap cipratan air. Label semicoated merupakan label barcode yang paling ekonimis karena harganya lebih murah dibandingkan label barcode lainnya.

Label Barcode Yupo
    Label Yupo adalah label barcode yang tahan air, anti sobek, tahan panas. Label yupo ini cocok digunakan di outdoor dan hasil cetakan tidak akan hilang eskipun digosok dengan kuat. Lem stickernya pun lebih kuat dibandingkan dengan label barcode semicoat dan thermal. Ribbon barcode yang cocok digunakan adalah ribbon wax resin atau ribbo resin untuk hasil yang lebih bagus. Akan tetapi label ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan label semicoat dan thermal.